1. Untuk penelitian sejarah diperlukan berbagai langkah. Adapun langkah yang pertama adalah ....
a. heuristik
b. interpretasi
c. verifikasi
d. historiografi
e. penafsiran
2. Kata heuristik berasal dari kata Yunani, heurisken, artinya ....
a. ilmu pengetahuan
b. bersama
c. menemukan
d. kelompok
2. mengumpulkan
3. Kata fakta berasal dari bahasa Latin, factus, yang berarti ....
a. bukti d. alat
b. peninggalan
c. benda
d. selesai
4. Sejarah lokal sangat penting sebab ....
a. setiap daerah memiliki kemampuan yang berbeda-beda
b. perbedaan daerah menjadi kekayaan bagi nusantara
c. memperkaya khasanah budaya bangsa
d. dapat membantu memperbanyak bahan pelajaran
e. adanya sejarah lokal mampu mengungkapkan sejarah suatu daerah pada masa lalu
5. Sejarah lisan adalah ....
a. sejarah yang terbentuk dari cerita tokoh sejarah pada masa silam
b. berita dari tokoh daerah yang dimuat dalam sejarah
c. penulisan sejarah dengan wawancara para pelaku atau saksi peristiwa
d. sejarah yang tidak tertulis dalam buku
e. sejarah dari cerita zaman ke zaman berikut generasinya
6. Salah satu kesulitan dalam penelitian sejarah Indonesia adalah ....
a. pemerintah tidak memberi dana penelitian
b. dana yang tersedia banyak dipergunakan untuk menunjang pembangunan saja
c. bantuan dana kepada sekolah untuk membantu siswa yang kurang mampu
d. sumber yang ada sebagian sudah banyak yang mengalami kerusakan
e. banyak sumber sejarah yang telah pindah tangan ke luar negeri
7. Ada beberapa cara pengumpulan data sumber lisan, yaitu ....
a. melalui sumber berita dari para pelaku sejarah yang berperan utama
b. melalui sumber berita dari para saksi peristiwa sejarah
c. melalui seseorang yang menjadi pelaku peristiwa sejarah
d. melalui sumber berita dari tempat kejadian peristiwa sejarah
e. semua jawaban adalah benar untuk pengumpulan data sumber lisan
8.Penulisan sejarah dengan menggunakan pendekatan multidimensional maksudnya
....
a. penulisan sejarah dunia dan nasional
b. penulisan yang eropasentris
c. penulisan sejarah yang bersifat subjektif
d. penulisan sejarah dengan pendekatan berbagai segi ilmu sosial
e. semua jawaban adalah tepat
9. Penulisan sejarah tradisional dimulai sejak ....
a. zaman praaksara
b. zaman Hindu
c. zaman Islam
d. zaman kemerdekaan
e. zaman modern
10. Dalam sejarah tradisional, hal yang terlihat lebih menonjol adalah ....
a. kuat dalam genealogi daripada kronologi
b. tekanannya sebagai bahan pengajaran agama
c. adanya kingship
d. pertimbangan kosmologis lebih diutamakan daripada keterangan sebab akibat
e. semua jawaban adalah benar
11. Sejarah ternyata penting bagi kehidupan manusia sebab ....
a. sejarah mempelajari hidup manusia
b. tanpa mempelajari sejarah manusia tidak dapat hidup secara layak
c. sejarah mengajarkan untuk hidup saling bekerja sama
d. sejarah banyak mengajarkan dalam peperangan
e. dalam mempelajari sejarah terdapat kisah para raja
12. Peninggalan sejarah dapat berupa ....
a. benda-benda budaya
b. masyarakat kuno
c. prasasti
d. adat istiadat
e. semua jawaban adalah benar
13. Bangunan candi merupakan bukti adanya pengaruh ....
a. agama dan kepercayaan hinduisme
b. adanya kontak dengan negara-negara di Asia
c. adanya penganut agama
e. semua jawaban adalah benar
14. Di Nusantara, banyak jejak sejarah yang kita temukan di daerah ....
a. Sumatra
b. Kalimantan
c. Sulawesi
d. Jawa
e. Irian/Papua
15. Keris atau tombak merupakan peninggalan sejarah berupa ....
a. benda kuno
b. alat kerja
c. alat religius
d. jimat
e. semua jawaban adalah benar
16. Originalitas berguna untuk menjawab pertanyaan ....
a. sumber itu primer atau sekunder
b. sumber itu asli atau turunan
c. sumber itu dikehendaki atau tidak
d. sumber itu utuh atau hanya sebagian
e. sumber itu sudah diubah atau belum
17. Langkah pertama dalam penelitian intrinsik adalah ....
a. menentukan sifat sumber
b. menentukan waktu peristiwa
c. menentukan kapan peristiwa terjadi
d. menentukan siapa penguasanya
e. menentukan penelitiannya
18 Sumber tidak resmi dinilai berharga dalam penelitian sebab ....
a. memperoleh beritanya sulit
b. membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkan sumber tersebut
c. sumber tersebut sudah ditinggalkan oleh penelitinya
d. isi sumber apa adanya, terus terang, dan tidak banyak yang disembunyikan
e. semua jawaban adalah benar
19. Langkah kedua dalam penelitian intrinsik adalah ....
a. menentukan sifat sumber
b. menyoroti terjadinya peristiwa
c. menentukan tempat peristiwa
d. menyoroti siapa yang berperan dalam peristiwa
e. menyoroti siapa pengarang sumber tersebut
20. Kritik intern dalam penelitian intrinsik adalah ....
a. menentukan sifat sumber
b. menyoroti terjadinya peristiwa
c. membandingkan kesaksian dari berbagai sumber
d. menentukan tempat kejadian
e. menyoroti siapa pengarang sumber tersebut
21. Interprestasi dalam sejarah adalah ....
a. mendapat sumber dari pelaku
b. mendapat sumber dari saksi sejarah
c. mendapat sumber primer
d. penafsiran terhadap suatu peristiwa
e. semua jawaban adalah benar
22. Originalitas berguna untuk menjawab pertanyaan ....
a. sumber itu primer atau sekunder
b. sumber itu asli atau turunan
c. sumber itu dikehendaki atau tidak
d. sumber itu utuh atau hanya sebagian
e. sumber itu sudah diubah atau belum
23. Langkah pertama dalam penelitian intrinsik adalah ....
a. menentukan sifat sumber
b. menentukan waktu peristiwa
c. menentukan kapan peristiwa terjadi
d. menentukan siapa penguasanya
e. menentukan penelitiannya
24. Sumber tidak resmi dinilai berharga dalam penelitian sebab ....
a. memperoleh beritanya sulit
b. membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkan sumber tersebut
c. sumber tersebut sudah ditinggalkan oleh penelitinya
d. isi sumber apa adanya, terus terang, dan tidak banyak yang disembunyikan
e. semua jawaban adalah benar
25. Langkah kedua dalam penelitian intrinsik adalah ....
a. menentukan sifat sumber
b. menyoroti terjadinya peristiwa
c. menentukan tempat peristiwa
d. menyoroti siapa yang berperan dalam peristiwa
e. menyoroti siapa pengarang sumber tersebut
26. Kritik intern dalam penelitian intrinsik adalah ....
a. menentukan sifat sumber
b. menyoroti terjadinya peristiwa
c. membandingkan kesaksian dari berbagai sumber
d. menentukan tempat kejadian
e. menyoroti siapa pengarang sumber tersebut
27. Interprestasi dalam sejarah adalah ....
a. mendapat sumber dari pelaku
b. mendapat sumber dari saksi sejarah
c. mendapat sumber primer
d. penafsiran terhadap suatu peristiwa
e. semua jawaban adalah benar
28Fakta yang berbentuk benda konkret berupa ....
a. kepercayaan masyarakat
d. candi
b. interaksi sosial
e. semua jawaban adalah benar
c. hubungan antarmasyarakat
29. Mentifact adalah ....
a. fakta yang berupa benda konkret
b. fakta yang berdimensi sosial
c. fakta berupa artefak
d. fakta berupa patung yang berbentuk seni
e. fakta berupa kepercayaan atau keyakinan
30. Sociofact adalah ....
a. fakta sejarah yang berupa benda kuno
b. fakta sejarah yang berupa sejarah bangsa-bangsa
c. fakta sejarah berupa patung
d. fakta sejarah berupa jaringan sosial
e. fakta sejarah berupa keyakinan dan kepercayaan
31. Bukti dan fakta sejarah dapat diketahui dari ....
a. buku pelajaran sejarah
b. monumen peninggalan sejarah
c. tokoh sejarah
d. sumber primer dan sekunder
e. semua jawaban adalah benar
32 Sumber primer adalah ....
a. satu-satunya sumber yang dapat dipercaya
b. arsip negara
c. para raja
d. fakta sejarah dari para pelaku sejarah
e. semua jawaban adalah tepat
33. Sumber dapat dipercaya jika melalui kritik, yaitu ....
a. kritik dari para sejarawan
d. kritik ekstern
b. kritik masyarakat sejarah
e. kritik intern
c. para kritikus
34. Pemeriksaan terhadap kebenaran laporan tentang suatu peristiwa sejarah disebut ....
a. kritik intern
d. verifikasi
b. kritik ekstern
e. historiografi
35. Untuk penelitian sejarah diperlukan berbagai langkah. Adapun langkah yangpertama adalah ....
a. heuristik
d. interpretasi
b. verifikasi
e. historiografi
c. penafsiran
36. Kata heuristik berasal dari kata Yunani, heurisken, artinya ....
a. ilmu pengetahuan
d. bersama
b. menemukan
e. kelompok
c. mengumpulkan
37. Kata fakta berasal dari bahasa Latin, factus, yang berarti ....
a. bukti d. alat
b. peninggalan
e. benda
c. selesai
38. Sejarah lokal sangat penting sebab ....
a. setiap daerah memiliki kemampuan yang berbeda-beda
b. perbedaan daerah menjadi kekayaan bagi nusantara
c. memperkaya khasanah budaya bangsa
d. dapat membantu memperbanyak bahan pelajaran
e. adanya sejarah lokal mampu mengungkapkan sejarah suatu daerah pada masalalu
39. Sejarah lisan adalah ....
a. sejarah yang terbentuk dari cerita tokoh sejarah pada masa silam
b. berita dari tokoh daerah yang dimuat dalam sejarah
c. penulisan sejarah dengan wawancara para pelaku atau saksi peristiwa
d. sejarah yang tidak tertulis dalam buku
e. sejarah dari cerita zaman ke zaman berikut generasinya
40. Sejarah memberi rasa kesenangan, berarti sejarah berguna sebagai ....
a. inspirasi
b. edukasi
c. ilmu
e. ambisi
Demikian kiranya Soal UTS KTSP SMA Kelas 10 ( x ) Sejarah Semester 1/ Ganjil semoga bermanfatat
No comments:
Post a Comment